Sunday, December 1, 2013

TUGAS MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI (TI)

Encrypt atau enkripsi adalah mengubah suatu struktur menjadi beraturan. Seperti pengacakan data menggunakan kode-kode tertentu, sehingga informasi data tersebut tidak diketahui oleh pihak lain dan terjaga kerahasiaannya.

Decrypt atau dekripsi adalah proses pembalikan dari data yang sudah dienkrip tadi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba proses enkrip-dekripsi dengan menggunakan aplikasi Caesar Cipher . Caesar Cipher merupakan salah satu kriptografi yang melakukan penukaran/pergeseran karakter pada plainteks.

Inilah percobaan saya:

Caesar Cipher yang saya gunakan ini besar penggeserannya 3 karakter.



Pesan:

"Saya terlambat masuk kuliah pagi"

Hasil enkripsi:


  

Hasilnya adalah :  vdbd whuodpedw pdvxn nxoldk sdjl 

Ketika kita akan mengubah data itu menjadi semula, kita bisa menggunakan Decrypt

Dan hasilnya:


Sekian dari percobaan saya. Jika ingin mencobanya bisa disini

No comments:

Post a Comment